15.21
0

Tips Nyaman Berpergian Naik Kereta Api

tips naik kereta api, kereta listrik

Pada saat ini naik kereta api sedang di gandrungi banyak orang karena segi kenyamanan, keselamatan dan efisiensi waktu. Oleh karena itu simak beberapa tips sebelum naik kereta api.

Berikut tips nyaman bepergian naik kereta api :
1. Rencanakan Keberangkatan Jauh-Jauh Hari
Saat ini semua tiket kelas ekonomi jarak jauh, ekonomi AC, bisnis, dan eksekutif dapat dipesan H-90 sebelum keberangkatan, atau maksimal belilah tiket 3-4 hari sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan agar anda merasa tenang karena sudah mendapatkan tiket dari jauh-jauh hari. Maka dari itu rencanakan dengan baik perjalanan dan tujuan anda.
Oleh karena itu saat ini PT. KAI memberlakukan reservasi tiket online yang dapat dilakukan dengan hanya sentuhan jari. Reservasi tiket online akan memudahkan anda dalam melakukan pemesanan serta pembelian tiket.

2. Pilih Kereta Api Sesuai Budget Yang Dimiliki
Sebelum melakukan reservasi tiket kereta api, sebaiknya pertimbangkan dulu rute perjalanan anda dan pertimbangkan budget yang anda miliki. Memang berpergian menggunakan ekreta api dengan kelas eksekutif sangat nyaman. Namun, bila budget yang anda miliki tidak menyukupi sebaiknya memilih pilihan kelas lain seperti kelas bisnis AC atau ekonomi AC.
Saat ini, di kereta ekonomi pasti anda akan mendapatkan seat sesuai dengan nomor seat yang didapatkan saat reservasi, tidak seperti waktu dulu. Selain itu, sekarang pedagang asongan juga tidak diperbolehkan berjualan di dalam kereta baik itu kelas bisnis ataupun ekonomi. Tentunya anda akan merasa lebih nyaman.

3. Hindari Musim Liburan / Tanggal Merah
Jika memungkinkan hindari berpergian pada hari libur, musim liburan, atau pada akhir minggu. Biasanya harga tiket akan lebih mahal pada peak season seperti itu. Selain itu, anda juga akan kesulitan mendapatkan tiket karena padatnya jalur penumpang pada peak season tersebut.

4. Pastikan Tiket Sesuai Identitas
Pemeriksaan tiket dilakukan dengan ketat untuk mencegah penumpang gelap dan meminimalisir calo tiket. Pastikan anda membawa identitas anda yang sesuai dengan tiket saat akan berangkat. Pemeriksaan akan dilakukan saat anda akan memasuki peron dan ketika di dalam kereta api.

5. Berangkat Ke Stasiun Lebih Awal
Persiapkan dengan matang barang bawaan anda, usahakan packing seharis sebelum hari keberangkatan. Bawa barang seperlunya saja. Perkirakan juga waktu anda berangkat dari rumah dengan jadwal keberangkatan kereta api. Usahakan berangkat lebih awal untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga membuat anda ketinggalan kereta api.

6. Naik Kereta Dengan Tertib
Jadilah penumpang yang tertib, saat kereta datang dengan membawa penumpang dari rute sebelumnya, dahulukan penumpang yang turun. Jangan berdesak-desakkan, pilihlah pintu sesuai dengan gerbong yang tertera pada tiket anda.

7. Bawa Makanan Secukupnya Di Dalam Kereta
Pada perjalanan kereta jarak jauh, usahakan anda membawa bekal makanan secukupnya. Karena, pedagang asongan tidak lagi diperbolehkan berjualan di atas kereta, jangan sampai anda turun pada stasiun transit untuk membeli sekedar camilan ataupun makanan. Bisa-bisa anda ketinggalan kereta karena membeli makanan. Oleh karena itu, siapkan makanan sesuai kebutuhan di perjalanan.

8. Periksa Kembali Barang Bawaan
Saat tiba di tempat tujuan periksa kembali barang bawaan anda sebelum turun dari kereta. Pastikan semua pada tempatnya dan tidak ada yang tertinggal baik itu di kabin, kursi, maupun bagasi.

Kunjungi www.tiketdantour.blogspot.com untuk mengetahaui segala info tentang tiket, reservasi tiket, jenis kereta, dsb. Demikian dari tips nyaman berpergian naik kereta api untuk Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar