Airasia
Alamat Airasia : Jl. Dharmawangsa VI no.43, Jakarta Selatan, Indonesia.
Profil Airasia
AirAsia (AK/AXM) adalah maskapai bertarif rendah atau Low-Cost Carrier (LCC). Maskapai asal Malaysia ini adalah Full-LCC pertama di Indonesia, dengan karakteristik utama sebagai berikut: fasilitas tambahan (add-on) seperti bagasi check-in, makanan dan pemilihan tempat duduk yang belum termasuk di dalam tarif tiket pesawat namun dapat dipesan ekstra saat booking online. Hal ini bertujuan untuk menjaga tarif tiket tetap terjangkau oleh khalayak umum.
Sebagai satu dari sekian afiliasi AirAsia International, AirAsia Indonesia (QZ/AWQ) melayani rute-rute domestik dan internasional di Indonesia. AirAsia Indonesia memulai operasinya pada tahun 2004 dan bermarkas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Baik rute domestik maupun internasional AirAsia beroperasi di Terminal 3 Soekarno-Hatta.
Berbagai penghargaan diraih oleh maskapai pimpinan Tony Fernandes ini. Dalam kualitas flight safety, Air Asia Indonesia termasuk dalam Kategori 1. Hal ini didukung oleh fakta bahwa AirAsia belum pernah memiliki catatan insiden maupun kecelakaan pesawat. AirAsia juga meraih penghargaan sebagai LCC Terbaik Se-dunia versi Skytrax selama 4 tahun berturut-turut.
Sampai akhir 2005, AirAsia Indonesia memiliki target untuk mengoperasikan sebanyak 34 pesawat jenis Airbus. Selain itu, hanya pesawat baru yang tidak melebihi usia kira-kira 3 tahun yang tetap dioperasikan, demi penghematan konsumsi bahan bakar.
Salah satu strategi utama AirAsia adalah menawarkan tiket berharga promo. Air Asia promo yang pernah digelar antara lain adalah Promo Karnaval 2 Juta Kursi, Promo Kursi Gratis, juga promo rutin lain tiap minggunya. Tiket murah Air Asia sangat digemari oleh para calon penumpang, dan ini sesuai dengan slogan maskapai yang berbunyi “Now Everyone Can Fly”.
Hal lain yang menjadi kelebihan AirAsia adalah sebagai yang pertama dalam memperkenalkan metode ticket booking secara online di Indonesia. Online booking dapat menciptakan efisiensi biaya operasional maskapai, dan akibatnya harga tiket dapat tetap rendah. Di samping itu, sistem booking online Air Asia juga mempermudah penumpang dalam melakukan pemesanan dari manapun dan kapanpun. Metode ini kemudian mulai diikuti oleh airline-airline di tanah air.
Sebagai satu dari sekian afiliasi AirAsia International, AirAsia Indonesia (QZ/AWQ) melayani rute-rute domestik dan internasional di Indonesia. AirAsia Indonesia memulai operasinya pada tahun 2004 dan bermarkas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Baik rute domestik maupun internasional AirAsia beroperasi di Terminal 3 Soekarno-Hatta.
Berbagai penghargaan diraih oleh maskapai pimpinan Tony Fernandes ini. Dalam kualitas flight safety, Air Asia Indonesia termasuk dalam Kategori 1. Hal ini didukung oleh fakta bahwa AirAsia belum pernah memiliki catatan insiden maupun kecelakaan pesawat. AirAsia juga meraih penghargaan sebagai LCC Terbaik Se-dunia versi Skytrax selama 4 tahun berturut-turut.
Sampai akhir 2005, AirAsia Indonesia memiliki target untuk mengoperasikan sebanyak 34 pesawat jenis Airbus. Selain itu, hanya pesawat baru yang tidak melebihi usia kira-kira 3 tahun yang tetap dioperasikan, demi penghematan konsumsi bahan bakar.
Salah satu strategi utama AirAsia adalah menawarkan tiket berharga promo. Air Asia promo yang pernah digelar antara lain adalah Promo Karnaval 2 Juta Kursi, Promo Kursi Gratis, juga promo rutin lain tiap minggunya. Tiket murah Air Asia sangat digemari oleh para calon penumpang, dan ini sesuai dengan slogan maskapai yang berbunyi “Now Everyone Can Fly”.
Hal lain yang menjadi kelebihan AirAsia adalah sebagai yang pertama dalam memperkenalkan metode ticket booking secara online di Indonesia. Online booking dapat menciptakan efisiensi biaya operasional maskapai, dan akibatnya harga tiket dapat tetap rendah. Di samping itu, sistem booking online Air Asia juga mempermudah penumpang dalam melakukan pemesanan dari manapun dan kapanpun. Metode ini kemudian mulai diikuti oleh airline-airline di tanah air.
E-tiket Airasia
E-tiket Airasia dapat digunakan sebagai bukti untuk terbang dengan menggunakan Airasia. Jika Anda telah mendapatkan e-tiket melalui email, e-tiket tersebut dapat di print untuk dibawa pada saat check-in.Perubahan/Pembatalan/Refund Airasia
Ubah Nama
- Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center AirAsia: 021-29270999.
- Hanya dapat dilakukan untuk kelas Premium Flatbed.
Reroute/Pindah Rute
- Tidak bisa.
Rebook/Reschedule
- Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center AirAsia: 021-29270999.
- Perubahan jadwal penerbangan dapat dilakukan selambat-lambatnya 48 jam sebelum waktu keberangkatan.
- Untuk tiket harga promo/terendah, perubahan ini dikenakan biaya perubahan per orang dan per sektor, plus selisih harga tiket.
- Untuk tiket Premium FlatBed, perubahan hanya dikenakan selisih harga tiket.
Pembatalan (Cancellation) & Refund
Tidak bisa.
Setelah melakukan transaksi tiket pesawat, AirAsia tidak memperbolehkan refund untuk alasan apapun termasuk kompensasi akan segala jenis kehilangan atau ketinggalan pesawat. Hal Ini diterapkan karena perusahaan berfokus kepada penekanan biaya penerbangan agar tetap rendah dan terjangkau.
Refund hanya dapat dilakukan dikarenakan oleh pembatalan sepihak dari pihak maskapai. Pengembalian dana hanya dapat dilakukan kepada nama pemegang rekening yang sama dengan salah satu nama penumpang
Seragam Pramugari Airasia
Keanggunan seragam pramugari AirAsia juga disertai dengan memperhatikan faktor keleluasaan bergerak. Seragam pramugari AirAsia terdiri dari kombinasi blus warna putih, blazer merah serupa dengan warna logo maskapai tersebut serta rok di atas lutut yang juga berwarna merah. Seragam pramugara AirAsia berupa setelan warna hitam.Kebijakan penumpang anak-anak dan bayi Airasia
- Baik Bayi maupun Anak-anak dengan usia antara 9 hari - 2 tahun (24 bulan) pada hari perjalanan dikenakan tarif khusus.
- Bayi diperbolehkan ikut dalam penerbangan asal berada dalam pangkuan penumpang dewasa. Maksimal 1 bayi untuk 1 orang dewasa.
- Stroller atau kereta bayi dilarang ditaruh di kabin pesawat.
0 komentar:
Posting Komentar